Minggu, 01 Maret 2009

OPINI

OPINI

MENDENGARKAN: ANTARA KOMUNIKASI DAN JURNALISTIK

“Bukan soal membuat anyaman itu menjadi sempurna berbentuk bakul tetapi bagaimana bakul itu menjadi bagian dari pikiran kita. Entah sadar atau tidak sadar kita kadang terjebak dalam memilih mana yang sederhana namun berpengaruh daripada mana yang fulgar namun nihil”
Fr. Yarid K. Munah

Sekedar pengantar
Ada banyak lelaki yang mengatakan bahwa lebih baik mendengarkan suara burung berkicau daripada mendengarkan seorang wanita yang subur alias suara buruk. Karena tentang mendengarkan ada pendapat umum berpendapat bahwa ’seluruh diri terpaku pada suara yang datang”. Sadar atau tidak sadar ketika kita ingin mendengar, seluruh energi tubuh kita tertuju pada obyek suara yang ingin kita dengar. Bukan saja secara biologis seluruh organ dalam tubuh kita menyatu tapi juga secara psikologis kita seakan-akan terpangil untuk tidak memihak yang lain melainkan menungguh satu yang akan datang itu. Kita seakan-akan turut ditarik kepada bunyi yang akan kita dengar. Pada saat-saat seperti ini, kita sudah berada dalam komunikasi dan jurnalistik.
Sebagai calon imam kita dikondisikan dalam sebuah situasi akademik yang menuntut kita selalu MENDENGARKAN. Apa yang terjadi di kelas dan meja belajar di kamar tidaklah membuat kita selalu tua dalam mendengarkan. Karena pada masa-masa pendidikan (di semua jenjang) adalah masa-masa kita mencari makna dan berusaha menemukan yang terbaik bagi diri kita. Mendengarkan antara komunikasi dan jurnalisstik ibarat kita terjerumus dalam lumpur yang mau tidak mau kita harus berusaha dengan cara apapun membebaskan diri dari padanya. Kini untuk kita yang masih tergolong ’pencari makna’, janganlah jemujemunya mendengarkan karena dengannya kita akan menemukan makna itu. Makna itu akan menjadi bukti bahwa kita adalah manusia yang berkomunikasi dan berjulalistik.

Mendengarkan
Keinginan menjadi sehat adalah dambaan semua orang. Sekilas kita berpendapat tentang kesehatan tidaklah menjadi selesai dengan penjelasan saja melainkan dengan tindakan. Kesehatan adalah fenomena yang terus mengintari batin dan pikiran manusia. Dalam hubungan dengan kesehatan, kadang orang merefeksikan mendengarkan dengan keadaan sehat atau tidaknya organ pendengaran. Namun itu hanya hal teknis atau fisik. Mendengar beda dengan mendengarkan. Orang yang mendengar adalah orang yang tidak serius dalam memilih suara. Mendengar itu menampung semua bunyi yang masuk sedangkan mendengarkan adalah setia menangkap satu makna. Mendengarkan bukan saja dengan organ telinga tetapi juga dengan hati. Keterpautan antara batin dan pikiran antara hati dan telinga membuat kita fokus dalam menelaah sesuatu. Dengan mendengarkan ada rasa keinginan. Orang yang tidak mendengarkan adalah orang yang tidak utuh melainkan terpisah, terombang-ambing atau pimplang-tidak ada ketegasan dalam dirinya. Dengan hilangnya rasa mendengarkan maka dengan sendirinya hilang pula keinginan untuk mencari makna. Karena tidak ada manusia yang sempurna dalam dirinya maka ia mesti butuh sikap mendengarkan terhadap kemungkinan-kemungkinan baru yang bisa membantu dia boleh familiar dengan perkembangan dunia. Karena itu dengan mendengarkan, kita dituntut untuk menghadapi apa yang disebut komunikasi dan jurnalistik; analisa/berbicara dan menulis.

Apa itu Komunikasi dan Jurnalistik?
Secara sederhana saja, komunikasi (=communication) merupakan satu kegiatan yang menjadikan suatu idea menjadi milik bersama. Segi mempengaruhi dan memperoleh dukungan terhadap gagasan atau idea yang disarankan karenanya selalu ada. Sedangkan jurnalistik ialah kegiatan pencatatan/pelaporan dan penyebaran tentang kejadian sehari-hari (=latin: diurnalis=harian atau setiap hari). Jurnal diartikan sebagai catatan harian. Catatan atas kejadian sehari-hari atau surat kabar harian. Jurnalistik diartikan sebagai hal yang menyangkut kewartawanan, tulis-menulis, mengolah dan mengumpulkan berita. Jurnalisme lebih mengacu kepada proses bukan kelembagaan seperti pers.
Sangat luas dan gede banget kalau kita bicara tentang dua hal ini (komunikasi dan jurnalistik). Namun hal yang paling penting untuk kita yaitu kedua hal ini hanya mau menekankan siapa mengatakan apa, melalui sarana apa, kepada siapa dan dengan efek apa. Penekanan ini menjadi sebuah litani yang paten yang tidak bisa kita hindari dalam hidup kita sebagai manusia.
Titik pertemuan antara komunikasi dan jurnalistik ialah bahwa catatan tentang kejadian sehari-hari tersebut dimaksudkan untuk memperngaruhi pendapat orang lain tentang hal yang diberitakan. Faktor seleksi kejadian, seleksi berita dan cara pelaporan karenanya sangat menentukan model dan pola serta mutu suatu kejadian. Dengan demikian, pencatatan dan penyebaran tentang suatu kejadian bukan merupakan suatu hal yang polos dan tidak diadakan demi pelaporan kejadiannya ’an sich’, akan tetapi lebih memperhitungkan akibat dan pengaruh pemberitaan tersebut terhadap pembaca, penonton atau pendengar. Karena itu tujuan dari komunikasi dan jurnalistik adalah menjadikan kegiatan manusia itu bisa dipertanggungjawabkan dari zaman ke zaman.

Mendengarkan Memungkinkan adanya Komunikasi dan Jurnalistik
Hal yang ingin saya sampaikan di sini adalah bahwa jika orang ingin berkomunikasi dan berjurnalis dengan baik maka ia harus mendengarkan dengan baik pula. Karena hal yang terpenting bagi kita bukan soal menjadikan diri kita sumber informasi tetapi penerima informasi. Dengan demikian kita selalu diperkaya dan diperbaharui. Penting sekali sikap mendengarkan ditanamkan kepada mereka yang masih dalam jenjang pendidikan, karena dengannya mereka dapat menangkan dengan baik apa yang dibicarakan pengjar dan dapat menyalinnya dengan baik. Kadang kala dan memang sangat benar kalau mendengarkan menentukan lulus atau tidaknya seseorang. Karena manusia sejak dibentuk dalam rahim sudah memiliki kualitas intelek yang cukup dan memadai tinggal bagaimana manusia lebih memantapkan atau lebih mendewasakan atau lebih tepat lebih difamiliarkan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dunia. Hubungan yang psikologis antara mendengarkan dengan dua hal di atas tidaklah menghalangi apa yang disebut sebagai perubahan pribadi karena manusia tidak statasi dalam pertumbuhannya. Manusia selalu siap menerima apa yang baru dan berkenan bagi dirinya. Demikian komunikasi dan jurnalistik yang baik dan mantap bisa memberi penilaian yang pantas bagi seseorang yang bergelut secara serius di dalamnya. Mungkin tidak disadari bahwa kadang kita berpikir bahwa dengan otak kita mampu menentukan segalanya padahal dalam diri manusia tidak kenal namanya single fighter. Yang perlu adalah otak yang baik dan sikap mendengarkan yang baik. Mendengarkan menentukan semuanya karena itu menyangkut bagaimana jiwa manusia diserahkan secara utuh atau tidak. Melupakan banyak hal adalah biasa tetapi tidak mendengarkan adalah hal yang aneh bagi manusia. Tidak mendengarkan atau berhenti mendengarkan sama arti dengan tidak berkomunikasi dan berjurnalis. Kalau sudah demikian maka kita termasuk orang yang sendang mengalami gangguan saraf dan mental.

Penutup
Akhirnya kita tidak bisa menipu diri atau melarikan diri dari sikap mendengarkan. Ingat bahwa ketika anda membaca tulisan ini anda sudah mendengarkan dan dengan sendirinya pada saat yang sama anda berkomunikasi dan berjurnalistik. Apa yang ada dalam pikiran anda ketika membaca tulisan ini, entah setuju atau tidak, semuanya adalah proses mendengarkan. Jadilah pendengar dan perwarta yang baik dan menyenangkan.


















CATATAN LEPAS

JEMBATAN KOMUNIKASI ANTARGENERASI ADALAH
P E N D I D I K A N

”katakanlah sejujurnya pada dirimu jika engkau mampu menjawabi suatu persoalan. Katakanlah sejujurnya juga pada orang lain jika kamu tidak mampu meyakinkan orang akan jawabanmu, sebab tidak ada kata bodoh untuk setiap pribadi manusia”...
Fr. Yarid K. Munah

Saya berpikir sangat aneh kalau orang memulai sesuatu dengan sebuah keluhan/kegelisahan karena ketidakmampuan diri. Seolah-olah ia diciptakan untuk selalu sedih dan merasa diri minder dengan sesamanya sendiri. Kita harus merasa yakin atas kekurangan dan kelebihan kita. Sudah jelas bahwa kita manusia memiliki kapasitas intelektual yang memadai dan memang itu diadakan untuk kita agar kita mampu berelasi dengan orang lain. Cuma saja takarannya berbeda-beda namun itu tidaklah statis. Semua bisa dikembangkan lewat belajar dan belajar. Dan untuk belajar dengan baik mesti sekolah bukan?
Jelas PENDIDIKAN menjadikan diri kita sungguh manusia. Entah itu pendidikan formal maupun informal. Dengan pendirikan kita dapat berkomunikasi dari generasi ke generasi. Dengan pendidikan pula, kita bisa ’dikomunikasikan’ dari generasi ke generasi karena ide cemerlang kita dapat membuat orang ”bangkit dan bergerak”.
Satu pertanyaan yang sering muncul: apa pendidikan itu penting?
La ialah masa ngga ia..... itulah jawaban centil yang mungkin ditempelkan pada pertanyaan di atas. Pendidikan tidak saja sebatas pada instansi-instansi fomal tetapi pendidikan mencakup seluruh usaha manusia untuk mengusahakan kesejatian. Inilah yang disebut sekolah kemanusiaan-sekolah kehidupan. Memang benar kalau berbicara pendidikan pasti banyak hal yang mengintarinya namun yang pasti bahwa pendidikan menjadi jembatan emas bagi komunikasi antar generasi.
Membahas masalah pendidikan dewasa ini ialah terutama dalam usaha untuk pada suatu pihak mendidik/mempersiapkan individu agar ia tangguh memecahkan masalah dalam masa depan yang akan dihadapinya dan pada lain pihak meneruskan nilai-nilai luhur yang merupakan sifat khas pribadi bangsa. Hal ini dapat dilakukan antara lain melalui komunikasi.
Bagaimana pendidikan menjadi jembatan komunikasi antargenerasi?
Lewat pendidikan kita mengenal dan mengetahui bermacam-macam pendekatan yang dapat membuat kita secara bebas menjalin relasi dengan siapa saja. Dalam dan melalui pendidikan kita belajar bagaimana memahami persoalan, bagaimana mempertanggungjawabkan suatu persoalan, bagaimana berbahasa dengan bahasa orang lain, bagaimana menelusuri pikiran-pikiran ilmiah maupun tradisional. Bukan mau menekankan bahwa pendidikan menjadikan manusia mampu tetapi pendidikan menjadikan manusia sadar bahwa dia mesti mengusahakan hidup, mesti mengadakan relasi dengan apa saja agar ia tidak seperti orang yang tak memiliki harapan.
Dalam tulisan ini saya secara khusus menekankan pendidikan yang membuat kita bisa memahami orang lain. Memahami orang lain tidak saja seara psikologis tetapi secara akademik. Memahami berarti menguasai sekurang-kurangnya aspek terbaik dari orang-orang lain.
Terlepas dari pendidikan formal yang sudah banyak kita ketahui, saya mau menunjukan suatu kontinuitas dari masayarakat tradisional/postfigurative. Dalam diri masyarakat tradisional, ada keterikatan yang sangat kuat dalam kelompok-kelompok menyangkut nilai-nilai kesejatian: menguasahakah hidup, bahasa, hubungan dengan dunia luar. Nilai-nilai yang sangat dipertahankan ini dapat membantu kita pada zaman sekarang untuk terus mengatasi/memberi jawaban terhadap perubahan nilai yang dari zaman ke zaman mengalami sebuah pembaharuan/penyesuaian.
Sering persoalan yang dihadapi yang sebenarnya terjadi salah paham yakni terjadi perubahan sikap antara generasi tua dan generasi muda. Yang tua selalu mempertahankan pendidikannya dengan alasan banyak output yang sudah ’menjadi orang’ sedangkan yang muda juga mempertahankan sikap mudanya yang modernis dengan alasan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Namun yang harus dicatat di sini bahwa nilai-nilai dasar menyoal kesejatian hidup manusia perlu dihidupkan kembali seperti rasa pengabdian, cermat, hemat, kerja keras, toleransi, kebaikan dan lain-lain. Dengan mempertahankan nilai-nilai ini yang tentunya melalui pendidikan, setiap pribadi dapat memecahkan berbagai masalah yang dihadapinya di masa depan, sehingga bisa dikatakan pendidikan tidak memisahkan masa lalu, masa kini dan masa depan. Dengan demikian komunikasi bisa terjadi antar generasi. Diharapkan agar melalui pendidikan kita dapat berkomunikasi karena kita sudah mengetahui, mendapat informasi dan akhirnya memahami apa dan siapa itu seseorang atau sesuatu...........betul buka?














REFLEKSI

MENEMUKAN TUHAN DALAM SEGALA

”Tuhan Tidak Marah Kalau istilah net, chatting, download, online, friendster, mailing-list, dst..akrab bagi seorang frater apalagi seorang imam….”
Fr. Yarid K. Munah
(*munahcor@yahoo.com)

Pada halaman 6 majalah ROHANI edisi 55 Agustus 2008, tulisan dari S. Hari Suparwito, SJ, sedikit menguraikan sebuah pernyataan plesetan tentang hubungan biara dan teknologi; biara adalah ketertutupan dan internet adalah keterbukaan. Menururut saya pendapat ini mau menegaskan bahwa perlu bagi kita para petugas pastoral mengenal teknologi yang berkembang saat ini. Bukan berarti melepaskan aturan-atura atau konstitusi masing-masing komunitas, tetapi dengan kesadaran penuh dan tentunya dalam aturan yang wajar dan cara penggunaan yang tepat sasar.
Mengenal teknologi pada zaman sekarang adalah salah satu tuntutan dalam pendidikan. Sebagai manusia yang secara tertentu turut ditentukan oleh perubahan waktu, kitapun seyogyanya mengiyakan ‘paksaan’ dari ilmu pengetahuan dan teknologi. Salah satu hal yang sangat cepat dan akurat adalah Internet. Internet sudah digunakan pada semua kalangan. Menurut data yang dihimpun dikemukakan bahwa pengguna internet terbanyak per maret 2008 menurut Majalah ROHANI adalah benua Asia, dan yang paling banyak diakses adalah Email yang mencapai 90%.
Kenyataan kuantitatif ini membuktikan bahwa Internet memang sangat berpengaruh dalam hidup kita. Bagaimana sekarang hubungannya dengan iman kita? Satu hal yang patut dipegang sekarang yakni menemukan Tuhan dalam dan melalui Internet atau bisa dibangdingkan dengan rumusan rililgius: menemukan Tuhan dalam segala. Penemuan di sini bukanlah menyangkut masalah fundamental tetapi menyangkut hal-hal informatif. Karena itu Internet adalah sarana bukanlah tujuan. Kalau dikatakan sarana apakah dia sejajar dengan Kitab Suci, ikon kudus, dlsbnya? Secara harafiah ya karena fungsinya tapi secara real tidak karena internet bukan barang khas rohani.
Kalau kita membuka situs-situs rohani, di sana kita menemukan berbagai informasi tentang Yesus dan bagaimana orang berbicara tentang Yesus, bagaimana orang berbicara tentang segala sesuatu dalam nama Yesus, tentang informasi-informasi tarekat-tarekat tertentu, promosi panggilan, dll. Semuanya itu secara cepat dapat kita peroleh hanya dalam hitungan detik.
Paus Yohanes Paulus II juga mengajak agar Gereja berani melintasi ambang pintu yang baru ini, untuk masuk dan berintegrasi ke kedalaman jaringan global internet sehingga sekarang sebagaimana dulu interaksi antara Injil dan budaya dapat memperlihatkan kepada dunia kemuliaan Allah di wajah Kristus, (2 Kor 4:6).
Menggunakan Internet untuk menemukan Yesus di dalamnya atau mewartakan Yesus lewatnya, menurut saya bukanlah masalah berlebih-lebihan tapi merupakan sebuah gerakan ’bangkit dan bergerak’, menggunakan kekuatan dunia untuk memuliakan Allah. Wajah Allah dalam dunia maya, setidak-tidaknya membuat iman kita juga turut menjadi barang maya. Justru lewat maya itu kita dapat menonmayakannya lewat cara hidup dan ajaran-ajaran Gereja. Bergaul dengan barang-barang teknologi tinggi, sudah pasti memiliki resiko tinggi. Di sini kita butuh kesadaran tinggi agar kita tidak jatuh sendiri dari ketinggian itu. Yesus sendiri menggunakan sarana pada zamannya entah itu lewat pertunjukaan atau lewat perumpamaan-perumpamaan untuk memperkenalkan Allah, demikian pula kita pada zaman speedy ini, semestinya turut melakukan hal yang sama. Saya rasa Tuhan tidak marah kalau kita akrab dengannya asal akrab karena keinginan untuk mengenal Yang Baik.
Internet-sebuah sarana komunikasi, menjadi salah satu tempat kita menemukan hal-hal tentang Tuhan, entah itu tentang pertanggungjawaban maupun tawaran. Walaupun dalam banyak hal, teknologi menjadi lahan subur bagi tindakan negatif tetapi kita perlu sebuah pertimbangan terhadapnya. Ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan. Salah satu yang penting adalah apakah menggunakan internet atau semacamnya, kita mengalami sebuah peningkatkan kualitas iman atau tidak? Apakah sesudah menggunakannya kita semakin mencitai Yesus atau tidak? Kesadaran sebagai pencari makna tidak membuat kita jatuh dalam jurang kesalahan sehingga kita harus membutuhkan apa yang disebut pertobatan intelektual. Karena batas-batas medium harus disadari oleh semua pihak, dan bahwa tujuan program kristen adalah pelayanan dalam rangka kegiatan pastoral yang menyeluruh, dan bukan terutama bukan keberhasilan dalam bidang ’show’.
Sekarang banyak orang yang membuat CD lagu-lagu rohani, semuanya itu mau menunjukan sebuah misi lewat media. Bermisi lewat internet atau semacamnya sudah menjadi bagian dari kehidupan Gereja, dengan kesadaran bahwa media menjadi sarana pewartaan. Berdasarkan tema misi 19 oktober 2008, kita diajak untuk menjadi pelayan dan rasul Kristus, bukan sekedar maya tapi betul-betul real. Hal ini bukan berarti dunia maya ditinggalkan melainkan menjadi pendukung-hal teknis/informan.
Dengan demikian apa yang terjadi dalam menemukan Tuhan dalam segala, menjadi bentuk refleksi yang tidak menegatifkan media masa tetapi memberi inspirasi yang mendunia. Menggunakan internet, siapa takut?


Tidak ada komentar:

Posting Komentar